
Makassar, 24 September 2025, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Atip Latipulhayat, melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Sulawesi Selatan untuk berdialog langsung dengan para pemangku pendidikan serta meninjau pelaksanaan program revitalisasi di berbagai satuan pendidikan.
Kunjungan hari pertama diisi dengan Dialog Pendidikan yang digelar di Aula Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulawesi Selatan. Dialog tersebut dihadiri para kepala UPT beserta pejabat fungsional di lingkungan Kemendikdasmen, kepala dinas kab/kota se-Sulsel, kepala sekolah, dan guru. Para pemangku kepentingan tersebut dituntut untuk mampu beradaptasi, memperbaiki tata kelola, dan mendukung seluruh program peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Hari kedua dimulai dengan kegiatan Senam Anak Indonesia Hebat bersama para siswa dan guru di halaman SMAN 1 Gowa. Kegiatan ini menjadi simbol semangat hidup sehat dan kebugaran dalam menunjang proses belajar mengajar.
Usai senam, Wamen meninjau langsung program revitalisasi SMAN 1 Gowa, lalu melanjutkan kunjungan ke SMPN 53 Makassar dan SMKN 6 Makassar. Kunjungan ini bertujuan melihat secara langsung implementasi program revitalisasi sarana dan prasarana pendidikan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pembelajaran.
Sebagai penutup rangkaian kunjungan, Wamen membuka acara Fasilitasi dan Advokasi Kebijakan Penguatan Karakter yang diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbudristek di Aula BBPMP Sulsel.
Dalam sambutannya, Atip Latipulhayat menegaskan bahwa penguatan karakter peserta didik merupakan fondasi penting dalam pendidikan Indonesia saat ini dan sekaligus menekankan pentingnya penguatan karakter berbasis kearifan lokal.
Kunjungan kerja ini menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi pusat dan daerah untuk mewujudkan pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga berkarakter dan berbudaya.





























































































